Kepala Sekolah dan Kepemimpinan Yang Berbasis Inkuiri Kolaboratif

IMG 20251023 203951

Oleh Silvester Kian Witin, S.Fil

Tulisan ini terinspirasi dari kegiatan pembekalan kepada para kepala sekolah SD, SMP dan SMA/SMK/SLB di Kabupaten Flores Timur, yang diselenggarakan IGI Kabupaten Flores Timur di Aula Gelekat Nara pada bulan September 2025 yang lalu.

Bacaan Lainnya
Scroll kebawah untuk lihat konten
Ingin Punya Website? Klik Disini!!!

Di bawah panas terik dan desiran debu vulkanik erupsi Gunung Lewotobi, sang pembawa materi Bapak Fransiskus Xaverius Berek, S.Pd. M.Pd, dengan sangat bersemangat dan penuh keyakinan dan optimisme yang mendalam menghipnotis para peserta dengan segudang pengalaman dan prestasi yang diraihnya mulai dari tingkat kabupaten, propinsi hingga tingkat nasional. Pada awal pemaparan materinya,

Berek sedikit mengutip kata-kata pemikiran dari Jhon C. Maxwell, yang dikutip dari bukunya The Levels Of Leadership yang menarasikan tentang 5 tipe atau kategori pemimpin, yaitu pertama, Pinacle. Pada tipe ini, orang akan mengikuti anda karena siapa diri anda dan apa yang anda representasikan.

Kedua, People Development, orang akan mengikuti Anda karena apa yang telah Anda lakukan bagi mereka.

Ketiga, Production. Pada tipe ini, orang akan mengikuti anda karena apa yang telah Anda lakukan bagi organisasi.

Keempat, Permission. Orang akan mengikuti anda karena mereka memang menginginkannya.

Kelima, tipe Position. Pada tipe ini, orang akan mengikuti anda karena keharusan, bukan kemauan.

Para kepala sekolah yang hadir diajak berpikir mendalam kira-kira dirinya masuk kategori pemimpin seperti apa. Analisis kepemimpinan seperti ini juga sempat mengingatkan saya kembali ketika mengikuti pendidikan dan pelatihan guru penggerak di era Mas Menteri Nadim Makarim. Guru yang sudah mendapat kepercayaan dan tanggung jawab sebagai kepala sekolah niscaya menjadi pemimpin pembelajaran yang harus menjadi pionir yang sangat berpengaruh dalam menahkodai sebuah lembaga pendidikan atau komunitas pembelajaran itu sendiri.

Pos terkait